Monday, April 11, 2011

Resume(Kelompok 5): Analisis Pendapatan Nasional

Pertama kali mendengar kata Pendapatan Nasional ialah Produksi Nasional(nama lain dari Pendapatan nasional) yaitu; Nilai yang menggambarkan dari kegiatan atau juga aktivitas ekonomi secara nasional pada periode tertentu. Selain itu kita akan mendengar kata Inflasi. Yess, Inflasi adalah Kenaikan Harga yang tidak bisa diimbangi ole daya konsumen itu sendiri.

Dari Pembahasan diatas saya menyimpulkan bahwa;Meningkatnya pendapatan nasional memang suatu prestasi yang baik. Akan tetapi bukan berarti kesejahteraan dan kemakmuran warga masyarakat mengikuti begitu saja. Untuk itu pemerintah harus lebih memaksimalkan pemerataan dalam mendistribusikan pendapatan, agar tidak terjadi gap (kesenjangan) di dalam tingkat kehidupan masyarakat yang berakibat munculnya suatu ketegangan.
Selain itu, masalah pengangguran memang tidak sepenuhnya bisa dibersihkan. Namun pemerintah bisa meminimalisir prosentasenya. Sebab menghapus tingkat pengangguran sama saja memunculkan tingkat inflasi (teori Philip). Dalam kurva Plilip dijelaskan hubungan negatif antara inflasi dan pengangguran. Dalam bentuk modernnya, hubungan antara inflasi dan pengangguran siklikal, inflasi yang diharapkan, dan goncangan penawaran yang di derivasi dari kurva penawaran agregat jangka pendek.
Maka pemerintah untuk bisa memaksimumkan output, mengoptimalkan SDM dengan membekali skil yang cukup serta meningkatkan kualitas dan kuantitas teknologi.

No comments:

Post a Comment