Monday, April 18, 2011

No Smoking, Be Healthy !

Merokok......sudah tidak asing lagi buat saya. setiap hari saya pasti akan melihat orang yang merokok. yaaa, papa saya adalah seorang perokok. mau dibilang perokok berat. kalau sehari aja tidak merokok pasti papa saya memberikan alasan ".....kepala pusing kalo mulut belom sentuh rokok", ...."mulut pahit kalau belom merokok, dan sebagainya. Tidak hanya papa saya, abang saya (kakak kandung) juga tidak bisa dari rokok. Sama halnya dengan papa saya kalau tidak merokok, pasti ada bagian yang hilang dari saya. Bagi saya sih.... no sense ! bener ga si? pikiran saya bertanya-tanya (tidak ada habisnya). apa enaknya merokok? apa manfaat nya merokok? dll. Hidup saya dikelilingi orang - orang yang merokok. papa saya, abang saya, teman-teman saya. saya juga ga munafik pada saat saya pernah berkumpul dengan teman-teman saya, salah satu teman saya pernah menawari saya rokok. Pertama kalinya saya tolak mentah-mentah (istilah seperti melihat barang yang menjijikan). Teman saya menjawab "......ga asik lo, ga gaul". saya cuma bisa jawab "ya ya ya" terserah lo deh. Kedua Kalinya saya ditawari kembali oleh temen saya merokok. ....."disini saya mulai goyah. pikiran saya "merokok ga ya, merokok ga ya". Ditambah lagi temen saya mengasih beberapa alasan kenapa saya harus mencoba merokok. Salah satunya adalah......mantap ! WHATTTTTTTT. (saya tolak kemudian dengan 1000 alasan saya). Ini yang paling gokil....yang Ketiga kalinya teman saya menawari saya dengan berbicara"... lo mau? ga juga ga apa-apa....". pertamanya saya tolak. Tapi lagi-lagi saya bimbang. antara merokok atau tidak. SAYA penasaran sebetulnya. saya sambar rokok teman saya, dan saya mulai hisap rokoknya........"tiba-tiba saya terbatuk -batuk. asliiii batuknya parah banget. mulut saya pahit. Saya Lempar rokoknya. Dan Semenjak itu saya tidak merokok lagi. TIDAK pernah.Saya lebih baik mengemut permen karet berhari-hari, dari pada saya harus merokok. Sebenarnya kalau boleh jujur, saya tidak apa-apa kalau seandainya disekeliling saya "merokok". Tapi saya paling tidak suka denga Asap dan Bau Rokok. karena apa...? Karena Asap rokok banyak zat-zat yang berbahaya yang dapat merusak organ tubuh kita. dalam artian disini, bahawa Rokok pasif lebih berbahaya daripada Rokok Aktif. Ada beberapa Contoh zat yang berbahaya bagi tubuh pada saat merokok;

1. Co, Tar. dan Nikotin, Berpengaruh terhadap syaraf .
2. Nikotin: Merangsang bangkitnya adrenalin hormon dan anak ginjal yang menyebabkan; Jantung berdebar-debar, meningkatkan tekanan darah serta kadar kholesterol dalam darah dan secara tiba-tiba akan mengakibatkan serangan jantung.
3. Gas CO (karbon monoksida) 
sama halnya dengan asap kendaraan yang bermotor. dirokok juga ada kandungan co, yaitu bisa berpengaruh terhadap jalan nafas terhadap pembuluh darah. Co juga lebih mudah mengikat hemoglobin daripada oksigen. Maka darah orang yang kemasukkan co banyak, akan berkurang daya angkutnya bagi oksigen. Orang akan meninggal dengan keracunan karbon monoksida.
Mungkin sekarang bagi perokok, santai saja. istilah nya masih menikmati. tapi kita lihat saja setelahnya nanti.....akan berakibat fatal

buat saya ga merokok bukan sesuatu yang harus dilakuin. tidak ditemenin sama orang -orang merokok pun saya tidak apa-apa. yang jelas orang yang merokok adalah orang yang jauh dari kesehatan. peace




No comments:

Post a Comment