Tuesday, March 15, 2011

Resume(Kelompok 2): Perilaku Konsumen

Konsumen adalah mereka yang memilki pendapatan (uang) dan menjadi pembeli barang dan jasa di pasar. Seseorang konsumen yang rasional pada waktu akan memutuskan pembelian suatu barang tidak didasari oleh emosi belaka namun terutama didasari pada suatu pertimbangan bahwa apa yang akan dibelinya memang memberikan tingkat kepuasan terbesar jika dibandingkan dengan barang lainnya.
Terdapat 2 teori pendekatan  untuk mempelajari perilaku konsumen
dalam mengkonsumsi suatu barang:
1. Pendekatan Kardinal
2. Pendekatan Ordinal
#Pendekatan Kardinal : Kepuasan yang diperoleh konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang dapat dihitung atau dikuantitatifkan baik dalam satuan uang ataupun satuan lain.
#Pendekatan Ordinal: kepuasan seseorang konsumen tidak dapat dihitung atau dikuantitatifkan tetapi hanya dapat dibandingkan yaitu dengan memberikan rengking atau membuat urutan-urutan kombinasi barang yang akan dikonsumsi.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen:
·         Kekuatan Sosial Budaya
·         Budaya :
·         Kekuatan Faktor Psikologis
·         Faktor Sikap Dan Keyakinan
·         Konsep Diri

Disini saya akan membahas tentang Faktor yang Mempengaruhi Prilaku Konsumen seperti; Gaya Hidup. 
Apabila seseorang yang latar belakang nya sederhana, dan dia dikelilingi orang-orang yang bisa dikatakan 'orang yang berpunya'. Suatu ketika temen-teman nya memakai Jenis celullar yang sekarang ini lagi marak-maraknya. yaitu Blackberry. Dia juga ingin memilikinya. Entah itu sekedar gaya-gayan, atau benar-benar membutuhkan. Banyak sekali orang-orang terjerumus, basic nya dia orang sederhana, menengah ke bawah. Tapi karena dia memiliki teman-teman yang basic nya menengah keatas. Maka dia berusaha untuk masuk ke dalam dunia teman-teman nya. 

1 comment:

  1. thanks for the information and I liked the look of this website blog ........
    greetings

    ReplyDelete