Saturday, March 12, 2011

Resume (Kelompok 1): Penentuan Harga, Permintaan, dan Penawaran.

A. Penentuan Harga: Menetapkan Harga suatu Barang atau Produk.
Definisi Harga itu sendiri adalah Suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
B. Pengertian Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang  yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.
C. Permintaan itu sendiri adalah Permintaan yang ditujukan masyarakat untuk membeli suatu barang atau produk sesuai dengan Permintaan pelanggan (daya beli)
// Contoh Permintaan yang Sesuai dengan keadaan sekarang ialah Harga Cabai yang Meningkat.Dalam Hukum Pasar, bahwa semakin besar Harga yang dijual kepada masyarakat maka jumlah pembeli akan menurun dan sebaliknya apabila Harga yang dijual Turun, maka Jumlah masyarakat yang akan membeli meningkat. Saya menanggapi, bahwa Cabai adalah kebutuhan sehari-hari. Seperti; Beras, Cabai, dan lain-lain. Masyarakat memerlukan Cabai sebagai kebutuhannya. Maka mau tidak mau, pembeli akan(harus) membeli cabai (walaupun harga cabai sekarang sudah melambung tinggi).Menurut saya, Pembeli akan mengurangi sedikit, jika kalau selama ini masyarakat sering membeli cabai atau beras 2kg atau diatas 2 liter. Maka pada saat Harga naik. Meraka akan mengurangi jumlah atau besarnya dalam membeli sebelumnnya.Sehingga walaupun Harga Barang tetap naik, maka konsumen akan tetap membeli. (contohnya Kebutuhan sehari-hari) seperti Beras, Cabai, dll. 

No comments:

Post a Comment