Nama : Muhammad Fajar Mulia
Kelas/NPM : 4KA12/12109093
Konsep Sistem Informasi Lanjut.
Apa itu Compiere?
Pada penejelasan ini, saya akan menjelaskan apa itu Compiere? Compiere merupakan sebuah business platform yang extensible. Dengan teknologi Model Driven Architecture memungkinkan Compiere dikembangkan menjadi ERP(Enterprice Resource Planing) dan CRM (Customer Relationship Management) sesuai dengan kebutuhan perusahaan, atau solusi pada desktop apapun dengan cepat dan mudah.Compiere datang dengan lisensi GPL (mulai versi 2.60) yang artinya Open Source (bebas lisensi)
Compiere sangat memungkinkan dan mudah untuk di Impelementasikan di perusahaan terutama perusahaan Distribusi yang memiliki bidang-bidang seperti Pemasaran, Bidang Layanan, Produksi, Pengendalian Inventori,Pengadaan Barang, Distribusi ,Pengelolaan Sumber Daya (SDM),Keuangan dan Akuntansi.
Compiere penyedia terkemuka di dunia open source dan awan berbasis solusi bisnis ERP.dan CRM Didirikan pada tahun 1999. Sampai dengan awal tahun 2008 sudah lebih dari 1.300.000 kali di download dari website http://www.sourceforge.net, Compiere yang di bangun dengan menggunakan Java J2EE dapat di jalankan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, dll.
Compiere dilengkapi dengan beberapa fitur, semisal Inventory Management, Purchasing, Sales Order, Account Payable, Account Receivable dan General Ledger sebagai pondasinya. Didukung dengan kemampuan multi currency, multi company dan multi language, Compiere sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan berbentuk group of companies, yang lazim di Indonesia.
Kemampuan Compiere yang memungkinkan untuk dibongkar-pasang, serta di customization atau malah dimiliki, terutama membundle untuk solusi franchise, membuat Compiere mungkin satu-satunya ERP yang memposisikan dipasar ini. Maklum, ERP lainnya terutama yang kelas dunia, bangga dengan solusi bisnis processnya yang kelas dunia, sehingga perusahaan harus mengadopsinya, tidak ada kompromi tentu saja. Kalaupun bias dikustomisasi, sangat mahal investasinya, dan terkadang menggunakan teknologi tertutup.
Compiere yang dikembangkan menggunakan teknologi Java, dan mengusung arsitektur MDA (Model Driven Archivecture), membuat secara Software Engineering, Compiere merupakan teknologi yang maju sekali, karena memungkinkan pengembangan aplikasi diatas Compiere, tanpa perlu programmer Java. Ini juga positioning yang baru bagi pasar aplikasi integrasi, jadi kalau ingin buat aplikasi bisnis cepat, pakailah Compiere, tidak ada satu hari untuk membuat sebuah form PO dengan reportnya.
Terdapat 3 versi Compiere, yang terdiri dari:
1.Community Edition
2.Standard Edition
3.Profesional Edition
Di versi 3.0 ini, ada beberapa perubahan dan perbaikan perbaikan, yaitu :
1. Instalasi jauh lebih mudah
2. Modul RMA
3. Tambahan template Financial Report
4. Perbaikan performa / kecepatan
5. Perbaikan security
6. Dan lain lain (termasuk perubahan warna, icon, themes)
Terdapat beberapa kekurangan pada Community edition (yang masiuh free),yaitu:
1. Tidak tersedia lagi WebUI (demikian juga dengan Standard edition)
2. Tidak tersedianya PDF exporter (hanya ada versi demo, padahal ini penting sekali)
3. Selain database EnterpriseDB, hanya bisa pakai Oracle XE (tidak bisa pakai oracle standard or Profesional)
4. Jadi jelas sekali kalau kita hanya menggunakan Community Edition, akan mengalami banyak keterbatasan.
1) Aspek Teknologi Compiere
•Arsitektur teknologi Compiere terdiri dari 3 layer:
–Server database
Menggunakan database Oracle versi 9, sehingga secara legal tetap harus membayar lisensi Oracle walaupun Compiere sendiri diperoleh gratis. Saat initim pengembang Compiere sedang menuju database independenceAspek Teknologi Compiere(2)
•Application server
Teknologi yang digunakan adalah Jboss yang bersifatopen source dan gratis. Jboss merupakan applicationserver terkemuka untuk mendukung platform Java Enterprise (J2EE)
•Client
Disisi klien terdapat 2 pilihan, Yaitu :
-Java client yang menggunakan antar muka Windows dan
-HTML client yang menggunakan browser.
Compiere mempunyai arti untuk
melengkapi,menyelesaikan,mengerjakan (dalam bahasa italia) adalah solusi bisnis
ERP dan CRM yang bersifat open source untuk perusahaan menengah dan kecil (SME)
dalam bidang distribusi,ritel,pelayanan dan manufacturing.
Solusi compiere merupakan salah satu aplikasi
bisnis yang siap dipakai dilingkungan linux,compiere dapat diperoleh di
www.compiere.com secara gratis.
Proses INSTALASI Compiere
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
- Menginstall database
- Menginstall JDK
- Mengunduh dan mengekstrak Compiere
- Persiapan Instalasi Server
- Pengaturan Database (import dan setup database Oracle untuk compiere)
- Memulai server
- Mensetup klien
- Memulai klien (nama dan password)
KELEBIHAN COMPIERE
- Implementasi ERP yang cepat dan fleksibel
- Perangkat lunak ERP open source komersil
- Arsitektur Model-Driven yang memudahkan pengontrolan
- Aplikasi ERP yang dirancang untuk Ekonomi Global.
KELEMAHAN COMPIERE
Untuk community edition (yang masih free) ada
beberapa kekurangan:
- Tidak tersedia lagi WebUI (demikian juga dengan Standard edition)
- Tidak tersedianya PDF exporter (hanya da versi demo,padahal ini penting sekali)
- Selain database EnterpriseDB,hanya bisa pakai oracle XE (Tidak bisa pakai oracle standard atau Profesional)
Ini adalah Compiere software multiform, yaitu menjalankan di semua sistem operasi seperti windows dan linux. Pada Software ini menggunakan bahasa pemrograman java dan databasenya menggunakan oracle. sebelum saya melanjutkan penjelasaanya, saya mau memperlihatkan tampilan login dan tampilan awal compiere pada komputer saya tapi OS yang saya gunakan windows XP, Jika compiere ini sudah terinstall dan digunakan.
Pada compiere, terdapat client dan business partner adalah bagian hal yang terpenting, sebab client merupakan peranan penting untuk kirim data, tugas pada client yaitu mengirimkan data ke organisasi. Pada Busines partner sama halnya dengan client yaitu berperan penting akan tetapi beda tugasnya busines partner terdapat informasi dengan siapa kita melakukan transaksi atau relasi bisnisnya. Pada bagian client dan business yaitu dapat memasukan data atau melihat siapa karyawan, pelanggan, vendor, lokasi sampai cara pembayaran atau yang dikenal dengan transaksi.
Penjelasan pada gambar diatas adalah compiere mempunyai menu tools yang bisa gunakan sesuai kebutuhan pengguna yang akan menggunakan aplikasi tersebut seperti bagian Order Management, Procurement, Material Management, Project Management, Return, Costing, Invoice Management, dll. Di Menu- menu ini menghubungkan satu dengan lainnya,dan data- data yang telah tersimpan dapat membentuk relasi dari setiap bagian menu.
Penjelasan pada gambar diatas adalah Business Partner yang didalamnya terdapat 9 bagian yang masing masing penjelasannya adalah
b- Business Partner yaitu menjelaskan pada bagian
tersebut tentang enity dengan siapa transaksi dilakukan, sehingga dapat
memasukan data di sini.
2.
pada Customer akan menampilkan data transaksi
pelanggan, dan disisi lain mengisi data tambahan pelanggan , apabila menceklist
check box pada tab customer
3.
dibagian Vendor
yakni akan menampilkan siapa vendor dari perusahaan yang terhubung. Sama
halnya dengan customer dengan melakukan cekslist pada check boxnya di centang
selanjutnya dapat melakukan pengisian data tambahannya
4.
Employee Pada tab ini menampilkan siapa pegawai dalam
perusahaan ini Sama dengan customer dan vendor jika check boxnya di centang
maka kita bisa mengisi data tambahannya
5.
Pada tab Bank Account yaitu berfungsi menampilkan
sebuah informasi perbankan untuk rekanbisnis pada perusahaan tersebut. Data ini
akan digunakan untuk pemrosesan pembayaran dan pengiriman uang yang akan
dilakukan
6.
Location berguna untuk menampilkan data alamat rekan bisnis atau
partner, dan dapat menyimpan data alamat lebih dari satu alamat.
7.
Contact (user) atau bisa juga disebut dengan nama
pengguna di bagian tab ini yaitu menjelaskan data pribadi para pelanggan.
username pelanggan dibuat unik sehingga tidak ada data pelanggan yang
terduplikasi atau penyamaan data pelanggan. Singkatnya ini unique user,
dan data ini bisa berupa pengguna internal atau rekan bisnis
8.
BP Access menjelaskan akses dari pengguna atau
kontak untuk informasi Mitra Usaha dan sumber daya apabila pada tingkat
Pengguna, Kendali BP Access tidak dipilih, selanjutnya pengguna yang
menggunakan aplikasi ini perlu memberikan akses secara eksplisit di sini.
9.
Interest Area menjelaskan yg berfungsi untuk
marketing
Rreferensi : http://lulu.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/12456/COMPIERE.pdf
No comments:
Post a Comment